Senin, 18 Mei 2009

Hubungan E-bisnis, E-commerce, dan E-shop

Banyak orang mengasumsikan bahwa e-commerce dan e-bisnis adalah sama. Istilah e-commerce dan e-bisnis mungkin kedengarannya sama tapi secara teknis sebenarnya keduanya berbeda. Keduanya memang memiliki huruf ‘e’ yang mengindikasikan penggunaan elektronik termasuk internet dan EDI (electronic data interchange) untuk mengembangkan proses bisnis. Secara definisi e-commerce merupakan bagian dari e-bisnis, namun tidak semua e-bisnis berarti e-commerce. E-commerce lebih sempit jika dibandingkan e-bisnis, di mana e-commerce adalah sub perangkat dari e-bisnis. Di mana e-bisnis sangat luas, menunjuk kepada penggunaan teknologi untuk menjalankan bisnis yang memberikan hasil, memberikan dampak yang besar kepada bisnis secara keseluruhan. Sementara e-commerce mengacu kepada penggunaan internet untuk belanja online(E-shop), seperti untuk belanja produk dan jasa. Contohnya terjadi ketika konsumen men-order tiket, buku atau hadiah, produk berwujud maupun tidak berwujud melalui internet. Sampel lainnya ketika sebuah organisasi atau individu membayarkan sejumlah uang via internet.
E-shop merupakan dimana layanan yang memberikan penjualan berbagai macam jenis barang dan lain sebagainya secara gampang bagi consumer yang mencari produk yang agak dijangkau dipasaran dapat dengan cara bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang terkenal yang menjadi supllier sehingga dapat juga memberikan potongan harga bagi customer yang telah menjadi langganan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar